Wednesday, October 21, 2009

My Fraeky Familiy

Salah satu turning point of live terbesar gua, adalah ketika Alm. Ibu wafat. Dari situ kondisi dan situasi yang gua alami jadi aneh, kacau, dan tanpa arah. Hidup bagi gua udah nggak punya makna, karena satu-satunya orang yang jadi inspirasi gua dalam segala hal, udah nggak ada. Ninggalin gua, ninggalin kakak gua, juga ninggalin dua adik gua..

Pasca kejadian itu, kita berempat langsung diasuh oleh adik dari Alm. Ibu atau tante kita, yang biasa kita panggil Le' Suli. Adik-adik gua langsung diboyong kerumahnya, Lampung. Kakak gua mutusin tinggal di Jawa buat nemenin Mbah Putri, dan gua milih tetep tinggal dirumah, sendiri… ( Bokap dimana? Gua ga bisa ceritain disini, terlalu vulgar).

Gua selama tiga tahun ngejalanin masa SMA itu sendirian. Masa-masa itu bener-bener cuma gua abisin bareng temen-temen. Itulah alasan gua sampai sekarang ga bisa lupain yang namanya sahabat SMA. Bagi gua, mereka semua udah kaya saudara.
Lulus SMA, Bule' langsung nyuruh gua kuliah disana. Gabung sama adik-adik gua, dan keluarga baru gua. Dia bilang biar gua terkontrol, dan gua nurut, SNMPTN gua jadiin UNILA pilihan pertama. And then, I passed that test.

Sekian lama jadi single student, bikin gua lupa rasanya gimana punya keluarga. Iya sob, sampai lupa gua, gimana rasanya berebutan kamar mandi, makan malam sama-sama, tiap weekend bareng-bareng bersih-bersih rumah, gua lupa, gua lupa rasanya itu semua.

Akhirnya disini gua ngerasain semangat baru, semangat yang dulu sempet hilang. Hidup gua jadi teratur, ter-manage dengan baik. Maag ga pernah kambuh lagi, karena sekarang gua ga pernah telat makan. Emang, keluarga adalah kontrol terbaik diri.

Yang lebih gua suka, orang-orang disini punya kepribadian maha unik. Dimulai dari om gua, Batak tulen, Sitompul dia orang punya marga, haha… Sama kaya orang-orang Batak kebanyakan, bagi dia pendidikan adalah segalanya. Waktu gua kabarin lulus SNMPTN sob, dia girang bukan buatan. Ketauan banget, dia berharap banyak sama gua. Orangnya santai, suka julukin orang seenak jidat. Adik gua yang paling kecil, si Cahyo, dipanggil Baron. Jadi waktu itu ceritanya Cahyo main seharian ga pulang-pulang. Kita semua disuruh cariin dia, pas balik dia langsung dihakimin sekeluarga. Lansung keluarlah julukan itu,Cahyo alias Baron sang buron, hehe… Terus si Ari, dipanggil dia Jack si Pengembara (Yang mau tau lengkapnya, baca disini).

Terus ada Tante gua. Dialah eksekutor di rumah ini. Kalau ada yang terdakwa melanggar peraturan, dialah yang akan mengeksukusi. Entah dengan cara potong uang jajan, atau 'gaplokan tanpa iba' yang kalo kena bisa ga ilang seminggu bekasnya. Tapi kadang ia juga bisa bersikap selembut ibu peri, sebenernya sih tergantung amal ibadah kita.

Natalia katherine. Diialah anak semata wayangnya tante gua. Manja abis, wajar. Anak satu-satunya, udah gitu perempuan lagi. Suka nyanyi dengan nada yang diaransemen semau dia. Yang terkadang malah merusak keindahan lagu itu sendiri. Sering dia nyanyi lirik lagu A, dengan nada lagu B. Gangguan jiwa yang sering dialami remaja wanita Indonesia : merasa diri seorang diva.

Adik-adik gua. Si Ari dan Cahyo. Ari, mmh… Dia adalah contoh kongkrit lelaki korban pubertas. Kadang suka ga jelas, bikin orang rumah senewen ngeliat tingkah dia. Kalau Cahyo, anak ini sebenrnya cerdas. Dilahirkan dengan kejeniusan yang setara dengan kakaknya (Gua maksudnya). Namun apa emang udah kodrat, namanya orang cerdas, suka ngeremehin hal-hal kecil. Ulangan dia jeblok terus, tapi seklainya diajarin ,cepet banget connect-nya. Habis itu, langsung sok-sokan ngajarin temennya. Terus curhat ke gua "Mas, masa temen gua si Anu, gua ajarin ga ngerti-ngerti." Kadang gua ngeliat dia, sebagai prototipe anak SD yang dewasa sebelum waktunya. Oh iya hampir lupa, Cahyo ceweknya banyak. Ganti-ganti lagi. Cekacekaceka...

Terakhir gua, Cuma dikit aja sih penjelasannya : Yang paling ganteng dirumah.
Hahaha...

No comments:

Post a Comment