Saturday, February 14, 2009

Perbincangan ilmiah, dengan Mr. Albert

Tadi plajaran fisika, dan papi guru rudi, profesor besar sma 4,ga masuk. Inisiatif gw langsung jalan,buat ngotak-ngatik soal yang ada. Dan soal yg gw otak-atik, adalah relativitas. Yg rumusnya paling tenar se jagad raya, e=mc2.

Di sela waktu gw ngrjain soal, gw liat foto albert einstein, sang empunya rumus tersebut. Tiba-tiba, keajaiban datang. Mulutnya, komat-kamit, brusaha ngajak ngobrol gua. Kurang lebih inilah perbincangan singkat gw, dengan beliau.

Om albert : hey, kau anak muda!
Gua : amit-amit jabang bayi..!
Om albert : sedang apa kau? Tampaknya kau sedang bersenang-senang, dengan warisan yang kutinggalkan?!
Gua : seneng2 apaan?? Aje gile gua seneng2 ama beginian. Eh om, asal lo tau ya, lo tuuh dah bnyak bkin gila anak orang tau ga!
Om albert : dasar, kau sama saja dengan pelajar2 dari negara berkembang yg lainnya. Tak mengerti, betapa berharganya penemuan itu bagi kemaslahatan umat banyak.
Gua : berharga apanya?? Yang berharga ni ya, harta karun gold d roger, film2 biru bisunya marlyn manroe, nah yg macem itu baru.. Bukannya coretan ga penting yg gunanya cuma buat ngitungin kecepatan kereta. Ngapain juga coba kereta make diukur-ukur segala.
Om albert : kau,orang2 sepertimu ini, yg menghambat laju ilmu pengetahuan di muka bumi. Aku yakin kau juga tak akan tau, bahwa dari coret2an yg menurutmu tak penting ini, dapat membuat suatu alat, yg dapat menembus ruang dan waktu.
Gua : alah,kebanyakan nonton pelem si lu om..
Om albert : jika saja, ada hal yang dapat membuat benda melaju sebanding dengan kecepatan cahaya, maka hal itu tak akan jadi isapan jempol belaka.
Gua : terus hubungannya ama gua?
Om albert : tugas mu lah anak muda, untuk mencari energi yg masih belum ditemukan itu. Teruskanlah perjuanganku, buat dirimu menjadi peraih nobel di masa depan. Tak ada hal yg lebih indah di dunia ini selain mempunyai tropi itu di lemari kacamu.
Gua : kate sape?? D dunia ini tu, yg paling indah, adalah satu frame sama maria ozawa. Aktris kawakan dri jepang itu.
Om albert : menyesal aku membujukmu, anak muda..
Gua : lagian, siapa suruh.. Wahai om albert einstein yg pintar bukan kepalang, gua tu dari dulu selalu dikutuk ama semua guru fisika gw. Gara-gara ga pernah tau joule itu satuan apa. Nah yg begituan aja gua ga ngarti, apalagi nyari energi yg lo bilang tadi..
Om albert : lalu?
Gua : kayaknya om salah sambung deh, salah orang maksudnya!
Om albert : dan energi yg masih misterius itu?
Gua : kentutnya genjer sama jigong pasha kali tu.
Om albert : sepertinya, aku memang salah orang. Pesanku, jangan pernah mengotori kesucian dunia sains, anak muda yang tak tau apa-apa!! Selamat siang..
Gua : jah, dia ngambek. Dadah om albert, ha..

No comments:

Post a Comment