Friday, April 17, 2009

Masa depan gua, masih antah berantah

Jujur, gua selalu ada rasa gimana gitu ngeliat temen-temen sejawatan gua, yg udah pada keterima di PTN. Emang sih gua juga turut gembira, tapi cuma sekedar sebagai figuran, buikan aktor utama. Ya gua tau, pada intinya ini adalah sebuah perasaan dimana gua ingin juga merasakan kesenangan yang sama, yang kalo diterjemahkan kedalam bahasa Bulgaria-nya itu, sirik...

Mereka pada asik cerita-cerita : "Eh, kampus gue gede banget lho!"
Terus dibales "Gedean juga kampus gue"
Terus siswa gaul nyeletuk : "Gaoolan kampus gue. Anak-anaknya pada doyan clubbing yang ajep-ajep gemana gedhoo"
Siswa alim: Aduh gua ngeri nih. Tar belom ada 1 semester gua udah ga perjaka. Kampus gua parah banget!
Siswa mesum : Ajiip. Tar tiap minggu, gue bawa ayam kampus goreng yg rasa merica ke kosan gua!! Ha..

Ya wajar sih, itu hak mereka. Mungkin salah gua juga, yang belajarnya belom sejungkir-balik temen2 yg dah pada ketauan mau kuliah dimana. Tapi, sedikitlah hargai kami, siswa warga masa depan bimbang, ya mau jadi apa nanti, kita masih buta, alias belum ada gambaran.

“Buat apa masuk FK…? Buat apa masuk FK…? 10 tahun jadi sarjana, Paling cuma jadi dukun…
Buat apa masuk Teknik…? Buat apa masuk Teknik…? 9 tahun jadi sarjana, Paling cuma buka bengkel...
Buat apa masuk Hukum…?Buat apa masuk Hukum…? 8 tahun jadi sarjana, Paling cuma ngurus maling...
Buat apa masuk FISIP…? Buat apa masuk FISIP…? 7 tahun jadi sarjana, Paling cuma jadi Lurah...
Jangan masuk Psikologi…! Jangan masuk Psikologi…! 6 tahun jadi sarjana, Cuma ngurus orang gila...
Buat apa masuk Sastra…? Buat apa masuk MIPA…? Apalagi masuk FKG… Tidak punya masa depan...
MASUK SAJA EKONOMI, PALING HEBAT FEUI, 4 TAON JADI SARJANA,PALING SIAL JADI MENTERI!!”

Ini yel-yelnya anak ekonomi ui. Gua nemu di situs www.uigue.com
Jadi dukun, buka bengkel, ngurus orang gila, whateverlah. Tapi yg pasti, masa depan mereka jelas kebayang. Nggak abstrak. Lo baca bait sebelum terakhir, yg masuk sastra, MIPA, ma FKG aja masih dikatain belom punya masa depan, apalagi ini gue, belom masuk apa-apa. Udah ga punya duit, ga punya masa depan pula. Mau nangis jadinya, boleh???

Wajtu itu gua dah ikut sima ui. Tapi ditolak. UGM juga ikut, di reject juga. Udah, abis itu gua pesimis. Kalo dianalogikan, hal yg palin tepat untuk menyamakan perasaan gua adalah : Perasaan caleg, yg kalah pemilu. Kurang lebih ya kaya gitu. Padahal gua udah sesumabar sama Kak Pay, janji mau nyusul dia ke Depok. Gua udah minta ijin sama my Emil bala-bala, ntar kalo gua ke Jogja, kita akan tetep masih jadian. Tapi, emang tong kosong nyaring kentutnya. Si Indra the bacot men ini, bener-bener cuma bisa berkoar! Tanpa bukti, hanya janji...

Tapi mulai dari itu, gua janji sama diri gua sendiri. Gua harus bisa masuk negeri. Gua lah segelintir pelajar SMA yang bisa merasakan nikmatnya bangku kuliah di PTN itu. Respita, yang udah kedaftar namanya di Fisika UGM, langsung nasehatin gua : "Banyakin Tahjjud aja Ndra!"
Lansung, terngiang-ngianglah kata-kata sakti dari orang yang bernama Bapak Mario Teguh, yang kurang lebih :
"Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil"

No comments:

Post a Comment